Pages

vuvuzela

nah, selama gelaran piala dunia 2010 di afsel pasti kita akrab sama bunyi VUVUZELA, nah berikut ini beberapa hal tentang terompet tersebut yang berhasil saya dapat setelah browsing di internet



Menurut Wikipedia, Vuvuzela atau ada yang menyebut dengan istilah Lepatata adalah terompet yang panjangnya sekitar 1 meter, umumnya dipakai para fans pada pertandingan sepak bola di afrika selatan. Alat ini membutuhkan kekuatan bibir dan paru – paru untuk meniup dan mengeluarkan suara monoton yang keras. Instrumen serupa juga ada di negara seperti Brazil dan negara – negara amerika latin yang bentuknya mirip tanduk. Suara yang dihasilkan Vuvuzela bisa mencapai 127 desibel. Sudah cukup untuk dikatakan sebagai pengganggu pendengaran. Baru – baru ini ada model baru dari Vuvuzela yangmerupakan modifikasi yang sebelumnya sehingga, suara yang dihasilkan diklaim berkurang sebanyak 20 desibel.

Setelah pertandingan bergulir, mulai terasa efek dari instrumen ini. Banyak tim – tim peserta (kecuali afrika selatan tentunya) yang memprotes adanya alat ini yang dibawa oleh suporter lokal. Mereka mengatakan bahwa suara yang dihasilkan benar – benar menggangu dan bisa merusak konsentrasi. Bahkan komentator pertandingan mengatakan alat ini sangat mengganggu seperti mendengar suara teriakan gajah, atau segerombolan lebah yang sangat banyak.

Biar bagaimanapun juga, itu adalah ciri unik dari setiap penyelenggaraan piala dunia. Kita bisa tahu hal hal yang berlaku umum di negara tersebut melalui event akbar ini. Dari sisi positifnya adalah suporter piala dunia selalu memberikan dukungan luar biasa kepada tim pujaannya sesuai dengan kultur budaya setempat.

1 komentar: